Google Search dan Google document bisa buat Cek "Grammar"


Google mengatakan fitur pengecekan tata bahasa berfungsi untuk memeriksa apakah logika kalimat yang ditulis sudah tepat atau belum,pengecekan tata bahasa ditenagai oleh kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) untuk menganalisis kalimat dan bahasa.


Namun, Google mengimbau pemeriksaan grammar kemungkinan tidak 100 % akurat,maka dari itu, lebih baik hindari penggunaan frasa saja. Sebab, beberapa jenis frasa dalam bahasa Inggris terdiri kosa kata yang tidak dapat berdiri sendiri dan harus dipasangkan dengan kalimat lain untuk bisa menjadi satu kesatuan arti.

Fitur Grammar Check sebetulnya tidak benar-benar baru hadir di layanan Google. Layanan lain seperti Gmail dan Google Docs sudah kedapatan fitur pengecekan grammar sejak beberapa tahun lalu.

Microsoft office seperti Word,PowerPoint,Excel dan bahkan windowsXP  telah memiliki fitur ini sudah sejak sekitar 18 tahun lalu.




referensi:

Google. (n.d.). Menambahkan tautan atau bookmark dalam dokumen. Bantuan Google Docs. Diakses dari https://support.google.com/docs/answer/57859?hl=en&co=GENIE.Platform

Microsoft. (n.d.). Memeriksa Tata Bahasa, Ejaan, dan Lainnya di Word. Bantuan Microsoft Word. Diakses dari https://support.microsoft.com/en-gb/office/check-grammar-spelling-and-more-in-word-0f43bf32-ccde-40c5-b16a-c6a282c0d251