Profil perpustakaan titian ilmu SMAN 4 Muara Teweh




Visi

Terwujudnya Perpustakaan yang representatif sebagai penyedia informasi iptek, seni, budaya, dan agama

Misi

1

Penerapan teknologi informasi yang pada intinya bertumpu pada konsep digitalisasi

2

Menjadikan perpustakaan sebagai jantungnya pendidikan sekolah

3

Meningkatkan kerjsama (resource sharing) dengan perpusda dan pusat informai lain

4

Memberikan layanan yang ramah, tertib, dan tegas

 

 


Profil

Kepala Sekolah

Taryana,S.P.,M.Si.

Kepala Perpustakaan

Alkatri,S.Pd.

NPSN

30200975

Nama Sekolah

SMA Negeri 4 Muara Teweh

NPP

6205051E1000002

Nama Perpustakaan

Titian ilmu

Alamat

Jalan Ronggolawe,Kelurahan Melayu,Kecamatan Teweh Tengah,Kabupaten Barito Utara,Kota Muara Teweh,Provinsi Kalimantan Tengah,Indonesia,7811.


Sejarah perpustakaan Titian Ilmu

Perpustakaan "Titian Ilmu" di SMAN 4 Muara Teweh berdiri sejak 23 April 1987. Pada awalnya, sekolah ini bernama SMA PGRI Muara Teweh dan dijalankan di bawah YPLP PGRI Kabupaten Barito Utara. Pada 10 Januari 2015, pengelolaannya dialihkan ke Dinas Pendidikan Kabupaten Barito Utara. Nama sekolah berubah menjadi SMA Negeri 4 Muara Teweh berdasarkan Surat Keputusan Bupati Barito Utara tertanggal 4 April 2014, yang mulai berlaku pada 1 Juli 2014. Perpustakaan "Titian Ilmu" tetap menjadi tempat bagi siswa untuk belajar dan mengembangkan pengetahuan.

Sejak tahun 2019, Perpustakaan "Titian Ilmu" di SMAN 4 Muara Teweh memulai pengembangan teknologi informasi nirlaba, termasuk perpustakaan digital, untuk meningkatkan layanan bagi siswa dan pengguna lainnya. Diluncurkannya platform media sosial 4room/4shelter sebagai kartu pelajar digital memudahkan akses informasi bagi seluruh peserta. Penghargaan peringkat ke-4 dalam kompetisi tingkat Kalimantan Tengah menegaskan kontribusi perpustakaan dalam meningkatkan literasi. Perkenalan program e-voting untuk pemilihan Ketua OSIS juga meningkatkan partisipasi siswa dalam proses demokrasi di sekolah.